Ubiquitous Computing

 

Ubiquitous Computing

 

Ubiquitous computing(atau "ubicomp") adalah konsep dalam rekayasa perangkat lunak, rekayasa perangkat keras, dan ilmu komputer di mana komputasi dibuat untuk muncul kapan saja dan di mana saja. Berbeda dengan komputasi desktop, komputasi ubiquitous dapat terjadi menggunakan perangkat apa pun, di lokasi mana pun, dan dalam format apa pun.

Teknologi yang mendasari untuk mendukung komputasi ubiquitous termasuk Internet, middleware canggih, sistem operasi, kode mobile, sensor, mikroprosesor, antarmuka I/O dan pengguna baru, jaringan komputer, protokol mobile, lokasi dan penempatan, dan bahan baru.

Tema-tema komputasi ubiquitous meliputi: komputasi terdistribusi, komputasi mobile, komputasi lokasi, jaringan mobile, jaringan sensor, interaksi manusia-komputer, teknologi rumah pintar yang sadar konteks, dan kecerdasan buatan.

Mark Weiser mengusulkan tiga bentuk dasar perangkat komputasi ubiquitous:

  • Tabs: perangkat yang dapat dipakai yang memiliki ukuran sekitar satu sentimeter
  • Pads: perangkat genggam yang memiliki ukuran sekitar satu decimeter
  • Boards: perangkat tampilan interaktif yang lebih besar dengan ukuran sekitar satu meter

Mark Weiser menciptakan istilah "ubiquitous computing" sekitar tahun 1988, selama masa jabatannya sebagai Chief Technologist di Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Baik sendirian maupun bersama Direktur PARC dan Kepala Ilmuwan John Seely Brown, Weiser menulis beberapa makalah awal tentang subjek ini, yang sebagian besar mendefinisikannya dan menguraikan perhatian utamanya.



Berikut beberapa Contoh penerapan Ubiquitous Computing:

·       Salah satu manifesasi saat ini dari tren ini adalah penyebaran luas ponsel pintar. Banyak ponsel pintar mendukung transmisi data berkecepatan tinggi, layanan video, dan layanan lainnya dengan kemampuan komputasi yang kuat. Meskipun perangkat mobile ini tidak selalu merupakan manifestasi dari komputasi ubiquitous, ada contoh, seperti Proyek Yaoyorozu ("Delapan Juta Dewa") di Jepang di mana perangkat mobile, yang dipasangkan dengan tag identifikasi frekuensi radio, menunjukkan bahwa komputasi ubiquitous sudah ada dalam beberapa bentuk.

·      Ambient Devices telah memproduksi "orb", "dashboard", dan "weather beacon": perangkat dekoratif ini menerima data dari jaringan nirkabel dan melaporkan peristiwa saat ini, seperti harga saham dan cuaca, seperti Nabaztag, yang diciptakan oleh Rafi Haladjian dan Olivier Mével, dan diproduksi oleh perusahaan Violet.

·      Futuris Australia Mark Pesce telah memproduksi lampu yang sangat dapat dikonfigurasi dengan 52 LED yang menggunakan Wi-Fi yang dinamai MooresCloud sesuai dengan Gordon Moore.

Kesimpulan:



References:

Komentar